Harus Diwaspadai! Inilah 5 Hal Penyebab Kutu Rambut Tanpa Disadari

Apa yang harus kamu lakukan jika tiba-tiba kamu merasakan gatal luar biasa hebat di kepala? Pasti hal pertama yang terfikirkan adalah adanya kutu yang bersarang dirambutmu. Padahal selama ini kamu sudah sangat menjada kebersihan rambut, bukan? Hal ini tentu sangat menganggu aktifitasmu.

Apalagi jika teman-teman atau orang sekitar tahu kalau rambutmu dihinggapi kutu, pasti akan sangat memalukan dan bikin kamu minder. Nah, banyak hal yang sebenarnya tanpa kamu sadari bisa memicu adanya kutu di kepalamu. Agar kamu tetap terhindar dari serangan kutu, yuk lihat dulu apa saja penyebab kutu bisa bersarang di kepalamu.

Waspadai 5 Hal Penyebab Kutu Rambut yang Bisa Saja Bersarang di Kepalamu

1. Kebersihan Kamar

Biasanya kutu suka berhinggap ada area yang kebersihanya kurang terjaga, sarung bantal misalnya. Banyak dari kamu yang malas untuk mengganti sarung bantal dan sprei dengan rutin. Mungkin kamu berfikiran selama kamu menjaga kebersihan rambut, maka hal itu sudah cukup. Padahal faktanya, sarung bantal yang kotor menjadi salah satu tempat berkembang biaknya kutu.

Jadi, untuk mencegahnya kamu harus mengganti sprei secala berkala 2 minggu sekali, dan jangan lupa juga untuk membersihkan dan mengganti barang-barang lain di dalam kamar seperti korden, keset, telapak meja, karpet. Sama seperti sarung bantal, barang-barang tersebut sangat mudah berdebu dan bisa saja jadi tempat bersarangnya telur kutu!

2. Rambut tidak Higienis

Ini dia penyebab paling umum adanya kutu rambut. Tahu tidak kalau ketombe adalah jenis makanan yang paling disukai kutu. Ketombe ini adalah sel kulit kepala yang sudah mati, dan akan terus menumpuk kalau kamu tidak rajin membersihkan rambut. Maka dari itu jangan harap rambut kamu terbebas dari kutu kalau kebersihannya saja tidak kamu jaga.

3. Aksesoris Rambut

Untuk kaum perempuan biasanya suka sekali memakai dan mengkoleksi berbagai macam aksesoris rambut seperti penjepit rambut, karet rambut, bandana, topsy tail, dan banyak lainnya. Tanpa disadari perempuan jarang sekali memperhatikan keberishan aksesoris  rambut mereka. Padahal dari hal-hal kecil seperti inilah, bibit atau telur kutu berkembang biak dan benar-benar akan menempel pada rambut mu ketika kamu memakai aksesoris tersebut.

4. Kontak langsung dengan penderita

Penyebab satu ini sering terjadi pada anak kecil. Anak kecil suka sekali bermain diluar dan melakukan kontak fisik langsung dengan teman sebayanya. Mereka tidak akan memperhatikan kebersihan badan temannya dan hanya akan fokus bermain. Jadi, untuk para ibu tetap awasi kebersihan rambut anak ya. Jangan sampai sang anak justru bermasalah dengan kutu rambut dari lingkungan sang sekitar.

5. Kontak Tidak Langsung

Ini adalah faktor yang paling tidak kamu sadari bisa memicu timbulnya kutu di kepala. Kamu pastinyas sering meminjam dan berbagi berbagai peralatan pribadi dengan teman seperti sisir, topi, bantal, helm, earphone, baju, dan handuk. Tapi tahu kah kamu kalau hal itu merupakan cara termudah untuk tertular wabah kutu secara tak langsung. Hal ini memang terlihat sepele tapi tetap waspada ya karena kamu tidak tahu persis kebersihan badan teman kamu. Bisa saja dia dia berkutu atau memiliki masalah kulit, dan lain-lain.

Ada banyak faktor yang tanpa kamu sadari bisa jadi pemicu timbulnya kutu di kepalamu. Tetap waspadai gejalanya dan jangan lupa jaga kebersihan rambu ya!

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •